Tak semua orang selalu suka dengan kita!

Anda ingin disukai semua orang?

Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, yuk resapin kalimat ini 😁👇

Jika kamu ingin semua orang menyukaimu, maka jangan jadi pemimpin. Jualan es krim saja
(Steve Jobs)

Berharap semua orang akan menyukai kita adalah sebuah harapan yang jelas akan menyakiti diri kita sendiri. Sebab, itu sama sekali gak mungkin. Akan selalu ada alasan bagi seseorang untuk gak menyukai apa yang kita lakukan. Sesempurna apa pun kita berusaha untuk terlihat baik.

Membuat orang menyukai kita, bukanlah pekerjaan seorang pemimpin. Pekerjaan pemimpin adalah menyukseskan orang-orang yang mereka pimpin. Rasa suka itu hanyalah akibat dari sebab yang telah kita berikan.

Dimana pun kita berada, akan selalu ada orang yang menganggap kepemimpinan kita gak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jadi rasa gak suka itu wajar, toh kita bukan malaikat yang sempurna. Setidaknya kita tetap terus melakukan yang terbaik buat tim.

Mungkin diantara 100 mitra-mitra yang dimiliki, ada 1 atau 2 orang yang gak suka dengan leadernya. Tapi perlu diingat bahwa ada 98 orang diantaranya yang masih menaruh harapan besar untuk bisa sukses dengan wasilah bantuan dari leadernya. Jangan sampai nih, karena terlalu fokus ingin menyenangkan hati yang 2 orang ini, harapan yang 98 orang lainnya jadi tergantungkan. Energi telah banyak terkuras untuk mendapatkan angka 💯, tetap kualitasnya menjadi turun.

Tidak semua orang akan paham dengan tindakan pemimpinnya. Pemimpin berpikirnya jangka panjang, yang dipimpin terkadang berpikir pendek yang penting aman aja dan saya suka. Ini pastinya sudah gak akan ketemu.

Berusaha agar disukai oleh semua orang (mitra) terkadang memaksa kita untuk mengikuti standar yang mereka inginkan. Jadinya terbawa arus deh, membuat hati menjadi tidak karuan. Pastinya bakal membuat kita overthinking dan gelisah sepanjang hari.

Terus memikirkan apakah tindakan kita benar?
Apakah semua mitra menyukai saya?

Terus saja terkurung dalam pernyataan seperti itu. Jadi kapan pemimpin berpikir besarnya?

Jika kita menyadari bahwa rasa suka itu bukanlah tanggung jawab kita, pastinya hati lebih tenang. Tanggung jawab pemimpin adalah menyukseskan mitranya, bukan menumbuhkan rasa suka. Tetapi jika mitra kita sukses, insya Allah rasa suka itu akan tumbuh dengan sendirinya.

Tapi begitulah, rasa suka itu adalah hak mereka. Kita hanya perlu berfokus pada memimpin, fokus pada memberi manfaat. Rasa gak suka seseorang dijadikan pengingat buat kita untuk terus muhasabah.

Semoga kita menjadi pemimpin yang amanah, adil, jujur, dan disukai Allah Subhanahu wa ta’ala

Wallahu a’lam

Nardi
Profit Protocol